Dear pembaca semua, mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan merk TATA, yupz brand otomotif dari Negara india yang hadir beberapa tahun lalu dengan tagline play and strog. Tapi siapa tahu kalo ternyata jejak Tata di Indonesia sudah ada sejak lama dimulai tahun 1978, pada saat itu ratusan Bus Tata dipilih oleh DAMRI sebagai bus angkutan kota di daerah Semarang, Bandung, dan Surabaya, sayang sekali literatur tentang pengadaannya sangat sedikit yang bisa digali, yang jelas tak kurang dari 150 bus ini masuk Indonesia.

Kehadiran Tata di Bandung bersamaan dengan Beridrinya DAMRI di Bandung, dimulai pada tanggal 22 Juni 1978 berdasarkan SK Walikota Bandung No. 10/85/1978, dengan tujuan untuk mengganti angkutan bemo menjadi angkutan massal. Saat itu DAMRI mengoperasikan 70 unit bus Tata buatan India. Selanjutnya antara tahun 1978-1988 seiring dengan meningkatnya populasi penduduk dan permintaan masyarakat Kota Bandung, dilakukan peremajaan dengan mengganti semua bus Tata dengan Mercy 1113
ada 1978, 25 bus produksi India dengan merek Tata pun masuk ke Kota Semarang. Setahun trayek Damri bertambah dari Lampersari – Mangkang. Trayek Pelabuhan – Pedurungan juga mulai dijalani pada 1980, Hingga total bus mencapai 50 Unit.
Bus TATA yang dipakai damri adalah tipe LP, 1210.E bus ini diimpor utuh dari india India. Bus ini memiliki panjang 9,5 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,9 meter dan dapat memuat antara 30-40 penumpang , ukuran bus ini hampir setara dengan MB OF 8000. tata menggunakan penomoran mirip mercedes, jika dibaca dari tipenya besar kemungkinan Bus Ini mempunyai berat maks 12 ton, dengan tenaga 100 hp.
sayang sekali dari ratusan bus yang pernah ada, kini hanya tersisa satu bus yang kemudian menjadi penghuni Museum trasnportasi Indonesia, yupz pasca penggantian bus tata dengan merk lain, tata kembali menghilang tanpa gaung.Tata kemudian kembali masuk Indonesia pada tahun 2012 melalui PT TMDI , pada awalnya TATA getol menjual kendaraan penumpang, tapi ternyata strategi ini belum berhasil, akhirnya Tata hanya fokus ke kendaraan kendaraan komersial seperti Bus dan Truck, salah satu bus yang gencar ditawarkan oleh Tata adalah bus Medium Tata LP 713 , Bus Tata LP 713 sudah sempat hadir dan menjadi salah satu produk display dalam IIMS 2014 . Dan, sejak diperkenalkan di pasar Indonesia, bus ini mulai dilirik pengusaha angkutan. Menurut sumber kami di Tata Motors, bus ini sudah diuji coba oleh pengusaha Kopaja di DKI Jakarta untuk angkutan bus reguler.
Tata Lp 713 ditenagai oleh mesin diesel 6 silinder berkapasitas 5,675 cc , yang mampu menhasilkan tenaga maksimal 130 PS (128.17 bhp)dan torsi maksimal 416 Nm . Transmisi menggunakan Manual 5-speed .